Tips Membaca Secara Efektif

Hallo, ini blog pertamaku lho. Hari ini aku bakalan kasih tips cara membaca efektif.
Ini dia tips membaca efektif,

1. Mencanangkan Tujuan Membaca
 Sebelum membaca sebuah buku sangatlah penting untuk tujuan yang ingin dicapai dari membaca buku tersebut Tujuan membaca yang dicanangkan dengan jelas akan mempermudah otak fokus pada hasil yang ingin dicapai ketika kamu merancang tujuan membaca buku-buku sejarah agar hafal nama tokohnya otak akan menangkap sebagai perintah untuk berhenti dan memperhatikan setiap nama tokoh muncul.
2. Posisi Belajar
 Sikap yang tepat agar semua isi bacaan bisa masuk sempurna dan bertahan lama dalam ingatanmu duduk di kursi dengan buku yang diletakkan di meja atur jarak mata dengan buku sekitar 25 sampai 30 cm Ingat jangan pernah membaca sambil berbaring kecuali jika kamu sekedar ingin mendapatkan hiburan misalnya membaca buku cerita komik ataupun novel.
3. Memperoleh Gambaran Besar Buku
 Sebelum memulai membaca, penting sekali untuk mengetahui gambran besar buku yang akan dibaca. Gambaran besar dapat kamu peroleh dengan membaca daftar isi atau sinopsisi buku tersebut.
4. Fokus dalam Membaca
Dapat diperoleh dengan cara membangkitkan minat terhadap apa yang dibaca dan dipelajari. Untuk itu, perkuat motivasi belajarmu dalam membaca carilah manfaat dari buku yang akan dibaca.
5. Mencatat Hal-hal Penting
Proses membaca dengan proses mencatat. Dengan mencatat bagian-bagian tertentu dalam suatu bacaan yang dirasa penting dan berguna.


Itu dia tips cara membaca secara efektif, semoga membantu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ringkasan Cerita Resi Jatayu

Tugas Bahasa Indonesia Mengulas Puisi Gadis Peminta-minta

Puisi